Senin, 10 Oktober 2016

PERANGKAT KERAS JARINGAN INTERNET

        Perangkat Keras Internet Perangkat Keras Jaringan Komputer Dan Fungsinya
 
       Komputer dan jaringan merupakan teknologi yang tidak bisa di pisahkan dari aktivitas sehari-hari. Ya, dengan bantuan teknologi komputer dan jaringan, dengan mudah kita bisa terhubung satu sama lain untuk berbagi data, berkomunikasi jarak jauh dan lain sebagainya.  
 Dalam komputer sendiri ada beberapa perangkat keras yang dapat membantu mekanisme kerja komputer anda. Perangkat keras jaringan ini memiliki fungsi untuk berbagi file ataupun data dari satu komputer ke komputer lainnya melalui media perangkat jaringan.
 

 Mungkin diantaranya anda telah mengetahui fungsinya dan mengenal bentuk fisik dari perangkat keras tersebut namun, ada pula beberapa perangkat keras yang tidak anda ketahui sehingga telah kami rangkumkan beberapa perangkat keras jaringan komputer beserta fungsinya sebagai berikut:



 1. Modem USB Modem Modulator Demodulator atau disingkat dengan modem tentunya pernah anda gunakan sebelumnya untuk menghubungkan komputer dengan koneksi internet. Di pasaran saat ini terdapat beragam modem yang dapat anda gunakan dengan varian harga. Cara kerja modem ini adalah dengan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang dapat ditangkap oleh komputer anda.
 2. Kabel jaringan  Alat jaringan lainnya adalah kabel jaringan yang dapat menghubungkan atau berbagai data dengan menggunakan kabel yang saling terkait antara computer satu dengan computer lainnya atau perangkat yang lain. Kabel yang digunakan juga beragam tergantung kebutuhannya diantaranya terdapat kabel coaxial, fiber optic, UTP dan STP. Baca juga artikel ini Jenis Kabel Komputer yang Digunakan di Jaringan
 3. Konektor Konektor rj45 Adapula konektor yang menjadi media penghubung antara kabel-kabel jaringan anda dengan network adaptor. Ada beberapa konektor diantaranya RJ45 yang menghubungkan kabel UTP, ada pula konektor ST untuk mnghubungkan kabel fiber optic serta konektor BNC yang menghubungkan salah satu kabel jaringan berupa coaxial anda.
 4. Network Interface Card (NIC) Anda mungkin tidak terlalu familiar dengan nama ini karena masyarakat lebih mengenalnya dengan nama LAN Card atau Ethernet card yang berfungsi mentranmisi data antara computer anda dengan jaringan. Bentuk fisiknya saat ini ada yang berbentuk menyterupai USB dan ada pula yang berbentuk kartu dan cara kerjanya dengan ditancapkan ke motherboard computer anda.
 5. Hub dan switch Switch and Hub Hub merupakan media untuk menyambungkan kabel-kabel jaringan dengan perangkat lain ataupun workstation. Biasanya hub cenderung dipakai untuk membangun topologi bintang dalam computer sedangkan switch juga memiliki fungsi sama seperti hub namun lmemiliki fungsi ganda yakni mengurus aliran listrik dan cenderung lebih rumit.
 6. Repeater Benda satu ini tentunya sangat anda perlukan karena berfungsi untuk memperkuat sinyal yang didapat sehingga anda dapat mengirim data atau berbagi data dengan lebih cepat berkat repeater. Cara kerja repeater sendiri dimulai dari media ini menerima sinyal lalu mengirimkannya pada kabel dengan sinyal yang sama saat diterima.
 7. Brigde Bridge Media ini sebenarnya sama dengan repeater namun didesain lebih cermat dan lebih cerdas sehingga mampu menghubungkan jaringan dengan menggunakan transmisi atau metode yang berbeda contohnya dengan menggunakan Ethernet baseband yang dapat dihubungkan dengan Ethernet broadband.
 8. Router  Bila anda telah mengetahui perihal bridge dan repeater sebaiknya anda juga mencermati router. Media perangkat keras yang satu ini memiliki tugas besar yakni bertugas untuk menentukan jaringan mana yang paling baik untuk jalur paket data sampai ke tujuannya. Router memiliki fungsi untuk menghubungkan jaringan atau network dengan jaringan computer anda. Itulah tadi macam-macam perangkat keras jaringan yang dapat membantu kinerja computer anda dan semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda perihal teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar